Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com
Penelitian
Penelitian Hidrologi 2013 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:47

9. Kebun Percobaan Kraton

Kebun Percobaan (KP) Kraton secara administratif termasuk wilayah Desa Gerongan, Kecamatan Pasuruan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kebun Percobaan Kraton berfungsi sebagai wahana dan sarana untuk penelitian budidaya Mangga dan inovasi teknologi pertanian Badan Litbang Pertanian dibawah pengelolaan Balai Penelitian Buah. Luas KP Kraton + 6 hektar digunakan untuk kebun produksi. Jumlah tanaman mangga yang ada saat ini 570 pohon, selain itu juga terdapat 102 pohon jeruk. Sumber air yang dapat digunakan sebagai sumber irigasi adalah sumur dangkal dengan kedalam berkisar 4-7 meter berjumlah 5 buah. Gambar KP Kraton yang diambil dari Google disajikan pada Gambar 1.

Kebun Percobaan Kraton yang diambil dari google map

Gambar 1.    Kebun Percobaan Kraton yang diambil dari google map

(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:47

8. Kebun Percobaan Cukurgondang

Kebun Percobaan (KP) Cukurgondang secara geografis terletak pada 113o 1’ 33” - 113 o 1’45” Bujur Timur dan 7 o 44’ 31” – 7 o 44’ 50”, secara administratif termasuk wilayah Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Kebun Percobaan Cukurgondang berfungsi sebagai wahana dan sarana untuk penelitian budidaya Manga dan inovasi teknologi pertanian Badan Litbang Pertanian dibawah pengelolaan Balai Penelitian Buah. Luas KP Cukurgondang + 11,87 hektar dengan berbagai varietas Mangga dari247 klon Mangga dan merupakan salah satu aset plasma nutfah magga terlengkap di Asea Tenggara. Penataan blok KP Cukurgondang disajikan pada Gambar 1.

Peta penataan blok tanaman mangga KP Cukur gondang Gambar 29.	Peta desain distribusi sumber air KP Cukur Gondang

Gambar 1.   Peta penataan blok tanaman mangga KP Cukur gondang (kiri) dan Peta desain distribusi sumber air KP Cukur Gondang (kanan)

Terakhir diperbarui Selasa, 02 September 2014 11:20
 
Penelitian Hidrologi 2013 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:47

7. Kebun Percobaan Asembagus

Terletak di Desa Banyu Putih, Kec. Banyu Putih, Kab. Situbondo dengan total luas KP 40.174 ha. Ketinggian tempat 55 m di atas permukaan laut, memiliki jenis tanah Regosol dan tipe iklim F dengan curah hujan 960 mm/tahun. Jenis tanaman yang terdapat di KP ini adalah jarak pagar, jarak kepyar, kapas, tebu, kenaf, jambu mete. Di KP Asembagus masih cukup luas menyediakan lahan untuk pengembangan tanaman baik sebagai bahan penelitian atau koleksi plasma nutfah.

Sumber air KP berasal dari air tanah dari sumur dalam (144 m) sebanyak 2 buah dengan debit 20 l/dt dan sumur dangkal (4 buah) dengan kedalaman kurang dari 35 m yang didistribusikan melalui pipa terbuka. Untuk pengairan lahan pada masing-masing blok, sumber air tersebut ditampung dalam bak kontrol dan bak pembagi. Eksploitasi airnya dengan pompa yang dipasang saat akan dilakukan pengairan.

(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:38

6.   Kebun Percobaan Tlekung

 

Terletak di Desa Tlekung, Kec. Junrejo, Kota Batu dengan total luas KP 12.656 ha. Ketinggian tempat 950 m di atas permukaan laut, memiliki jenis tanah Inceptisol - Andisol dan tipe iklim D dengan curah hujan 1.800 mm / tahun. Daerah ini cocok untuk pertumbuhan tanaman jeruk dan buah subtropika.

Saat ini terdapat sekitar 1.625 pohon buah-buahan yang ditanam di Kebun Percobaan ini dan hampir 40% (4,5 Ha) dari luas total Tlekung Kebun Percobaan ditanam jeruk (2 Ha), buah stroberi, leci, alpukat, dan tanaman lain-lain (2 Ha), apel, dan persik (peach/plum) dan anggur (0,5 Ha). KP Tlekung masih cukup luas menyediakan lahan untuk pengembangan tanaman baik sebagai bahan penelitian atau koleksi plasma nutfah. Kebun yang terletak di Kota Batu ini menyatu dengan kantor Balitjestro. Kegiatan yang dilakukan di KP Tlekung adalah penelitian dan pemeliharaan rutin tanaman. Umumnya, kondisi tanaman tetap terjaga karena sebagian besar lahan digunakan sebagai visitor plot dan penelitian tentang pemuliaan tanaman. Visitor plot tanaman jeruk difokuskan pada pemberian " stres air" dan persiapan pemupukan baik pupuk kimia maupun pupuk kandang, sedangkan pemupukan akan dilaksanakan saat hujan datang. Berbagai jeruk dan koleksi tanaman subtropis yang di KP Tlekung disajikan dalam Tabel 1 berikut.

Terakhir diperbarui Rabu, 03 September 2014 23:40
(Selengkapnya)
 
Penelitian Hidrologi 2013 PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 27 Agustus 2014 13:03

5. Kebun Percobaan Manoko

Lokasi KP Manoko beralamat Kampung Sukalaksana RT 01/02, Desa Cikahuripan; Kecamatan Lembang; Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, dengan Luas 20,7 ha. Secara struktural berada dibawah pengelolaan Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro), Jenis Tanah Andosol; Jenis Tanaman atsiri dan obat, Elevasi 1200 m dpl; Tipe Iklim B, dengan Curah Hujan 2599-3000 mm/thn.

Kondisi KP Manoko sesuai mandat utama KP Manoko memfokuskan pada penelitian tanaman obat dan aromatik, namun mandat KP Manoko sampai saat ini yaitu penelitian obat dan produksi minyak atsiri. Selain komoditas tersebut, KP Manoko memiliki aneka tanaman industri lainnya seperti macadamia, kayu manis, Burmani, Malaleuca bracteata dan Cengkeh yang terpelihara dengan baik.

Kondisi KP Manoko

Gambar 1.   Kondisi KP Manoko

Terakhir diperbarui Senin, 01 September 2014 16:07
(Selengkapnya)
 


Halaman 2 dari 4
Joomla Templates by JoomlaVision.com